Rencana Strategis SDN Nagarasari 4

Artikel ini adalah bagian dari seri
Pendidikan di Indonesia
Tut Wuri Handayani.svg
Pendidikan anak usia dini
Taman kanak-kanak
Raudatul athfal
Kelompok bermain
Pendidikan dasar (Kelas 1-6)
Sekolah dasar
Madrasah ibtidaiyah
Kelompok belajar Paket A
Pendidikan dasar (Kelas 7-9)
Sekolah menengah pertama
Madrasah tsanawiyah
Kelompok belajar Paket B
Pendidikan menengah (Kelas 10-12)
Sekolah menengah atas/kejuruan
Madrasah aliyah/kejuruan
Kelompok belajar Paket C
Pendidikan tinggi
Perguruan tinggi:
Akademi
Institut
Politeknik
Sekolah tinggi
Universitas

rencana strategis

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam pembukaan UUD 1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan negara Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, untuk itu setiap warga negara Indonesia tanpa memandang status sosial, ras, etnis, agama dan gender berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Kehadiran pendidikan yang bermutu merupakan pra-syarat adanya sumber daya manusia ( SDM ) yang berkualitas, yaitu warga negara yang unggul secara intelektual, anggun dalam moral, kompeten menguasai IPTEK, produktif  berdaya saing terhadap bangsa laindi era global.  
            Keberhasilan pembangunan Nasional ditentukan terutama oleh kualitas sumber daya manusianya baik yang menjadi pengambil keputusan , penentu dan para pelaku pengawasan pembangunan. Hal ini menunjukan bahwa unsur manusialah yang menggerakan roda pembangunan tersebut.
            Mengingat sumber daya manusia merupakan aset nasional yang mendasar dan faktor penentu utama bagi keberhasilan pembangunan, maka kualitas harus ditingkatkan terus menerus sesuai dengan kemajauan ilmu pengetahuan dan teknologi.
            Dalam rangka peningkatan sumber daya manusia secara keseluruhan, pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dasar, dan peningkatan  relevansi pendidikan merupakan kebijakan dan program yang harus dilaksanakan di sekolah dasar, karena sekolah tersebut merupakan pondasi yang amat menetukan keberhasilan pada jenjang berikutnya.
            Untuk meningkatkan sumber daya manusia secara keseluruhan baik ilmu pengetahuan dan teknologi, sesuai dengan Visi Kota Tasikmalaya yaitu “ Dengan Berlandaskan Iman dan Taqwa Kota Tasikmalaya menjadi pusat perdagangan dan Industri termaju di priangan timur tahun 2012.”, dan Misi Kota Tasikmalaya” Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Beriman dan Bertaqwa”, yang diimplementasikan dalam Visi Sekolah “ SDN Nagarasari IV Unggul dalam prestasi, Berkepribadian dan berakhlak Mulia pada tahun 2015.               
B.    Landasan Hukum
Adapun landasan hukum yang dipergunakan untuk penyusunan Rencana Strategis Sekolah ini ada beberapa hal  :
1.     UU No 20 / 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 4 ( pengelolaan dana pendidikan berdasarkan pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi dan akuntabilasi publik).     
2.     PP No 19 / 2005 Tentang  Standar Nasional Pendidikan pasal 35 ( setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun).
3.     Undang-undang Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen ( Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 157 ).
4.     Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan ( Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 41 ).
5.     Peraturan Pemerintah Nomor 17 Thaun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
6.     Undang-undang Nomor 10 Tahun 2001, Tentang Pembentukan Kota Tasikmalaya.
C.   Penyusunan Rencana Program
      Berdasarkan hal tersebut penting kiranya Sekolah Dasar Negeri Nagarasari IV UPTD Pendidikan Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya membuat program Rencana Strategis jangka pendek, jangka menengah, maupun  jangka panjang sebagai pedoman sekolah agar berkembang lebih terarah, terrencana dan sistematis.
      Dalam penyusunan rencana program, pihak sekolah bekerja sama dengan unsur masyarakat yang diwakili oleh komite sekolah, baik dalam  menentukan arah dan tujuan, serta kebijakan yang akan ditempuh demi peningkatan pelayanan dan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Nagarasari IV UPTD Pendidikan Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya pada khususnya dan kualitas pendidikan pada umumnya.

 D.  Tujuan
            Rencana Strategis Sekolah Dasar Negeri Nagarasari IV Disusun Untuk :
1.     Menjamin agar perubahan / tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.
2.     Mendukung koordinasi antar pelaku sekolah.
3.     Menjamin terciptanya Intregitas, Sinkronisasi dan Sinergi baik antara pelaku sekolah, antar sekolah dan Dinas Pendidikan Kab/Kota, dan antar waktu.
4.     Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencana, penganggaran , pelaksanaan dan pengawasan.
5.     Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat ; dan
6.     Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif berkeadilan dan berkelanjutan.
7.     Mendukung koordinasi antara pelaku pendidikan
8.     Menjamin terciptanya Intregitas, Sinkronisasi dan Sinergi baik antara sekolah dengan dinas pendidikan, dinas pendidikan propinsi dan pusat
9.     Menjamin keterkaitan dan kosistensi antara perencana, penganggaran pelaksanaan, dan pengawas; mengoptimalkan partisipasi masyarakat , dan
10.  Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisiensi, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.
BAB II
ANALISIS SWOT SEKOLAH
( SWOT )
Sebelum menetukan program rencana jangka panjang, jangka menengah mapun jangka pendek, sekolah bersama komite sekolah perliu ;
1.     Melakukan analisis lingkungan strategis sekolah.
2.     Melakukan analisis situasi untuk mengetahui status situasi pendidikan sekolah saat ini.
3.     Memformulasikan pendidikan yang diharapkan di masa mendatang.
4.     Mencari kesenjangan antara butir 2 dan 3.
5.     Menyusun  rencana strategis , dan Rencana Tahunan.
6.     Melaksanakan rencana tahunan Memonitor dan mengevaluasi.
Setelah melakukan berbagai analisis tersebut sekolah bersama komite mencoba untuk melakukan kajian mengenai kesenjangan / tantangan sekolah yang perlu dilibatkan untuk mencapai setiap sasaran dan yang masih perlu diteliti tingkat kesiapannya dengan menentukan kekuatan, ( Strenghts ), kelemahan ( weaknessees), peluang (opportunities), dan ancaman (threats).
A.  Kekuatan  ( Strenghts )
Sekolah Dasar Negeri Nagarasari IV mempunyia berbagai kekuatan diantaranya:
1.     Posisi dan letak sekolah yang strategis
2.     Jumlah siswa yang cukup memadai
3.     Eksistensi Komite Sekolah yang proaktif dalam menggagas perubahan inovasi pendidikan serta mengoptimalkan sumber daya sekolah.
4.     Kepemimpinan sekolah yang demokratis, partisipatif, transparan dan senantiasa resvonsive terhadap berbagai inovasi.
5.     Kreatifitas peserta didik yang relatif lebih baik dibandingkan dengan peserta didik sekolah lain.
6.     Kerja sama yang harmonis terjalin dengan baik antara sekolah, komite sekolah dan orang tua.
7.     Aktifitas PKG yang semakin baik.
8.     Mekanisme pengawasan kinerja guru dan intensitas supervisi akademik yang semakin baik.
B.    Kelemahan (weaknessees )
Sekolah Dasar Negeri Nagarasari IV mempunyai berbagai  kelemahan diantaranya :
1.     Program / rencana strategis sekolah yang dirumuskan oleh pihak sekolah dan komite sekolah terkendala oleh sarana dan prasarana dan dana yang kurang memadai.
2.     Tenaga Pendidik belum semuanya berkualifikasi pendidikan sarjana  ( SI ).
3.     Sarana dan prasarana yang kurang memadai, diantaranya ;
a)     Ruang kelas yang masih kurang tidak sesuai dengan rombel ( jumlah murid yang   ada ).
b)     Ruang laboratorium dan sarana komputer yang kurang memadai sehingga pembelajaran ekstrakurikuler komputer menemui banyak kendala.
c)     Ruang kantin yang tidak ada, sehingga kantin jujur berjalan kurang maksimal.
d)     Tidak memilki sarana dan fasilitas olah raga yang memadai.
4.     Prosentase tingkat pendidikan dan status sosial ekonomi orang tua peserta didik yang masih rendah bila dibanding dengan sekolah lain.
C.  Peluang (opportunities )         
Berdasarkan hasil analisa terhadap lingkungan  eksternal SDN Nagarasari IV dapat diidentifikasi 4 (empat) faktor yang merupakan peluang yang dimiliki SDN Nagarasari  IV , yaitu ;
1.     Kebijakan pemerintah dalam hal desentralisasi pendidikan dan otonomi sekolah melalui Implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah.
2.     Ekpektasi / harapan  orang tua siswa yang tinggi terhadap pentingnya layanan pendidikan yang bermutu bagi anak-anaknya.
3.     Pertumbuhan kelas menengah di kota Tasikmalaya yang makin meningkat dari tahun ketahun.
4.     Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang berkaitan dengan proses pembelajaran ( e-learning ) dalam era globalisasi.
D.  Ancaman ( Threats )
Berdasarkan  hasil analisa terhadap lingkungan eksternal SDN Nagarasari IV dapat diidentifikasi 2 ( dua ) faktor yang merupakan ancaman bagi penyelenggara pendidikan di SDN Nagarasari IV, yaitu ;
1.     Dampak negatif dari budaya global yang menerpa peserta didik seperti konsumerisme, hedonisme dan vermisisme sebagai urban life style.
2.     Posisi sekolah yang dekat dengan komplek persekolahan yang lain yang tidak selalu memberi pengaruh positif bagi perkembangan kehidupan siswa di lingkungan sekolah. 

http://aerif.blogspot.com/ 

3 komentar: